Free And Full Download Software,Games,And Other's

Tips And Trick: Mempercepat Loading Blogger [Faster Blogger]

28/06/2011 16:34

 

Kawan-kawan atau rekan-rakan saya kali ini ingin memberikan sebuah tips-trik yang berguna . yakni Mempercepat tampilan tampilan blogger Anda, mungkin kita banyak yang tidak menyadari termasuk saya sendiri  blogger yang kita buat terasa lambat atau kurang cepat diakses atau di-load, namun apa yang menyebabkan hal tersebut ??? 

 

Akhirnya saya mencari tahu di Om Google, ternyata ada beberapa faktor yang menyebabkan blogger kita terasa lelet / lambat / lemot / lemah tak bertenaga kwkwk  banyak banget, berikut saya simpulkan satu persatu.

 

Penyebab Utama Blogger Terasa Lambat

  1. Terlalu banyak gambar-gambar yang berukuran besar disematkan di blogger. Seperti blogger saya dahulu, saya banyak menyematkan gambar-gambar besar seperti Banner-banner iklan seperti dari AwSurvery, dan lain sebagainya. Terus saya juga sematkan foto-foto facebook saya, hehehe  promosi kalee..., dengan terlalu banyaknya gambar-gambar berukuran besar, dapat memperlambat akses loading blogger kita, karena Program Internet Browser akan banyak me-load gambar-gambar tersebut. Coba aja bayangkan masa blogger cuma intinya nulis puisi doank pake ada isi foto-foto atau gambar-gambar besar  terasa gak nyaman kan, ketika kita ingin copy-paste puisi tersebut tapi malah blogger-nya lama di akses kan jadi males ya kan...   oleh sebab itu buang gambar-gambar yang berukuran besar yang tidak penting, kalo emang penting ya gak apa-apa  ganti aja dengan gambar yang sama tapi berukuran kecil.
  2. Terlalu banyak Flash (*.swf) dari Perusahaan Adobe yang disematkan di blogger. Anda pasti sudah tahu kan flash.. bagi yang belum tahu flash itu apa, cari aja di Om Google  . Dengan banyaknya flash di blogger kita tentu akan menjadi Blogger kita bertambah lambat  . Emang si dengan adanya Flash blogger kita akan terasa lebih Menarik dan Canggih dilihat, tapi untuk apa penampilan bagus tapi lambat hehehe . Flash itu sendiri juga banyak memakan Resource Memory sehingga menyebabkan Leak Of Memory. Oleh karena itu saya sarankan kalau mau pakai Flash sedikit aja jangan banyak-banyak kalau perlu tidak sama sekali.
  3. Banyaknya Steaming yang di-load. Seperti halnya Youtube, Music Live, dan sebagainya mungkin sebagian dari kita merasa senang dengan menyematkan video atau musik di blogger kita, tanpa kita sadari dengan menyematkan video atau musik tersebut membuat lambat Blogger kita, karena setiap kali di load secara otomatis file-file streaming tersebut masuk ke komputer kita.
  4. Terlalu banyak Gadget di blogger. Buang gadget yang tidak terlalu penting dari blogger, seperti gadget games, gadget jam atau kalender, buang aja.. gak penting kalau mau tampilan jam atau kalender pakeai Javascript aja yang lebih ringan.
  5. Yang terakhir, yakni terlalu banyak Javascript dan CSS yang disematkan di Template blogger. Buang atau hilangkan javascript yang tidak terlalu penting, seperti ketika kita click kanan ditampilan blogger kita terus keluar pesan "Selamat Datang" atau "Welcome" atau "Marhaban" hehehe, itu buang aja gak terlalu penting.

Dari keterangan di atas saya menyimpulkan solusi tersebut :

  1. Sebelumnya Anda cek dahulu kecepatan Blogger Anda apa cepat atau lambat di Website Speed Tes (http://www.iwebtool.com/speed_test), kalau lambat mungkin Anda harus melakukan pengurangan beberapa konten seperti yang saya jelaskan di atas, kalau sudah cepat yah.. ga apa-apa sih gak ngikutin penjelasan saya di atas  . Ini screenshot hasil kecepatan blogger saya 

  2. Kurangi gambar yang berukuran besar, seperti yang saya jelaskan diatas. Pengurangan di sini bukan berarti Anda benar-benar membuang gambar-gambar berukuran besar Anda, ada banya cara untuk hal tersebut, pertama jika Anda menggunakan gambar besar sedang gambar tersebut berupa kartun juga format gambar tersebut Bitmap (*.bmp), maka yang perlu Anda lakukan mengubah file bitmap (*.bmp) Anda menjadi JPEG (*.jpg) atau GIF (*.gif), karena dengan format tersebut pixel pada gambar Anda akan lebih dipersempit ketimbang format Bitmap. Kedua resize aja ukuran gambar Anda menjadi lebih kecil dengan program utility gambar seperti Adobe Photoshop, Irvan View, Photoscape dan lain sebagainya.
  3. Ganti Template Blogger Anda yang lebih ringan yang tidak terlalu banyak me-load gambar, untuk hal ini Anda bisa mencarinya di Om Google atau cari di btemplates.com usahakan Anda cari yang sederhana aja jangan yang tapilannya yang terlalu  WAHH... 
  4. Optimiskan CSS di Template blogger Anda, dengan mengkompres CSS tersebut menjadi lebih kecil. Dengan mengecilkan CSS dapat menambah kecepatan Blogger kita, berikut cara mengkompres CSS:
    • Login ke Blogger Anda.
    • Klik "Rancangan" terus "Edit HTML" centangkan "Expand Template Widget".
    • Anda Find kata
      <b:skin>
      block semua sampai ketemu kata
      
              
      , terus Copy.

      Copy Dari sini :

      Sampai Sini :
    • Masuk ke website: http://www.cssdrive.com/index.php/main/csscompressor
    • Paste-kan CSS Anda ke CSS Compressor, pilih Compress Mode pada "Super Compact", dan Pilih Comments Handling pada "Don't strip any comments"

      Kemudian click "Compress-it"
       
    • Setelah itu, Anda lihat hasilnya, lebih kecil dari ukuran semula bukan ? , kemudian Anda klik Highlight Code,Seperti gambar Berikut terus Copy, dan paste-kan di CSS Template Blogger Anda


Kesimpulan

 

Dengan tips-trik yang saya berikan ini, Anda akan memiliki beberapa keuntungan seperti menjadi bandwidth Anda menjadi lebih hemat, ini ditujukan bagi mereka yang menggunakan Internet Ber-qouta, kan sayang Quota kalau cuma mau copy-paste Artikel di Blogger, yang ternyata blogger tersebut tampilanya  WAHH  banyak mengurangi Quota . Juga dengan tips-trik ini, dapat meningkatkan pengunjung pada blogger Anda, ini berguna untuk SEO pada blogger Anda.

 

Demikian tips-trik dari saya semoga bermanfaat...

Back

Search site

© 2011 All rights reserved.